Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Kamis, 26 September 2013

FARIDATUZ ZAKIYAH / X IPA 3 / 12


CICAK

                Cicak adalah salah satu jenis hewan yang termasuk makhluk hidup. Cicak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup karena cicak memiliki gen dan ciri-ciri dari makhluk hidup yaitu bernafas, memerlukan makanan, tumbuh dan berkembang biak, peka terhadap rangsangan, dan bergerak.
            Cicak memiliki ciri bernafas, bernafas yaitu proses menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2). Cicak juga memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan energi untuk aktivitas sehari-hari, cicak adalah pemakan serangga. Cicak tumbuh, dari yang awalnya telur, cicak kecil yang terus tumbuh sampai menjadi cicak dewasa dan bertemu dengan lawan jenisnya yang akhirnya berkembang biak sehingga lahirlah cicak baru.
            Cicak juga peka terhadap rangsangan, apabila ada musuh yang mendekat cicak akan berlari, bahkan cicak mempertahankan hidupnya dari serangan musuh yaitu dengan cara autotomi (memutuskan ekor) dan nantinya ekornya akan tumbuh kembali.
            Cicak dapat bergerak dari satu tempat menuju tempat lain. Cicak banyak ditemui menempel di dinding-dinding, atap rumah dan cicak tidak jatuh ketika berada di dinding dan atap rumah karna pada kaki cicak terdapat jaringan perekat yang menyebabkan cicak tidak jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar