Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Rabu, 25 September 2013

LITA MEDIA APRILIA/XIPA3/19


Nama : Lita Media Aprilia
Kelas : X-IPA 3
No : 19

 Kelelawar, si hewan malam

   Didunia ini ada banyak beranekaragam hewan. Ada hewan melata,amfibia,reptilia,dll.Sampai ada juga hewan yang beraktivitas pada malam hari.Kalian tidak asing bukan dengan kelelawar ? Hewan yang lebih aktif pada malam hari ini akan saya jadikan sebagai laporan hasil observasi.

   Kelelawar adalah hewan noktural dan satu-satunya jenis mamalia atau hewan menyusui yang dapat terbang. Noktural adalah sebutan bagi hewan yang aktif pada malam hari. Kelelawar aktif pada malam hari untuk mencari makan,sedangkan pada siang hari hewan ini tidur pada gua-gua atau dipepohonan.  

   Makanan kelelawar adalah buah-buahan, serbuk sari bunga, dan serangga kecil. Kelelawar mencari makan dimalam hari karena beberapa alasan. Kelelawar merupakan hewan yang tidak tahan panas karena sayapnya yang tidak berbulu rentan terhadap dehidrasi. Untuk melindungi dirinya dari predator lain, kelelawar memanfaatkan malam yang gelap untuk berburu.

   Kelelawar memililiki sayap dengan rentangan dari kaki depan hingga kaki belakang. Sayap tersebut berwujud tipis diantara tulang lengannya.Kelelawar terbesar memiliki rentangan membran hingga dua meter. Ciri lain yang dimiliki hewan ini, yaitu posisi tidur pada siang hari dengan cara menggantung dan posisi badan yang terbalik.

   Kelelawar dapat mengetahui letak makanan dan keadaan sekitarnya karena memiliki kemampuan ekolokasi. Kemampuan ekolokasi adalah kemampuan dalam memperkirakan jarak suatu benda melalui pantulan suara ultrasonik yang dikeluarkan. Bunyi itu dikeluarkan melalui mulutnya. Bunyi itu akan memantul kembali setelah mengenai benda-benda di sekitarnya, sehingga kelelawar dapat mengetahui letak benda maupun mangsa disekitarnya. Kemampuan ekolokasi juga dimiliki oleh lumba-lumba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar