Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Kamis, 26 September 2013

RACHMAD ARDY P/XIPA3/25

KAMBING TERNAK

   Kambing adalah binatang ternak yang berukuran sedang. Kambing betina maupun kambing jantan memiliki sepasang tanduk, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar dan panjang. umumnya ciri-ciri kambing memiliki jenggot, dahi cembung, dan ekor yang agak ke atas, dan kebanyakan berbulu halus maupun kasar.
panjang tubuh kambing yang termasuk ekor yaitu 1,3-1,4 meter, sedangkan ekornya 12-15 sentimeter. Bobot kambing betina adalah 50-55 kg, sedangkan kambing jantan mencapai 70-80 kg. 

   Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Kambing mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Makanan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan.Kambing berkembang biak dengan melahirkan. Kambing bisa melahirkan dua hingga tiga ekor anak.
    
    Kambing juga binatang kurban untuk acara Idul Adha dalam kebudayaan Muslim . Pada saat nabi Ismail akan disembelih oleh ayahnya atas perintah Allah, dijadikan kambing sebagai penggantinya. Menurut kitab Al Quran, binatang ternak ( salah satunya adalah kambing ) adalah salah satu sumber pelajaran yang penting bagi umat manusia . Semua bagian tubuhnya bisa dijadikan manfaat bagi manusia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar