Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Kamis, 26 September 2013

Aldi Candra Setiawan/04/X IPA 3



Nama                      :     Aldi Candra Setiawan
Nomor absen         :     04 (Empat)
Kelas                     :     X-IPA 3

KUCING


                Tahukah kalian hewan yang disayangi oleh Rasulullah SAW? Binatang itu adalah kucing. Kucing (Felis Silvestris Catus) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang melahirkan dan menyusui. Kucing ialah tergolong hewan pemakan daging (Karnivora).
                Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kilogram dan jarang melebihi 10 kilogram. Bila diberi makan berlebihan, kucing dapat mencapai berat badan 23 kilogram. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Kucing memiliki banyak warna dan macam pola. Selain itu, jenis kucing pun beragam.
                Kucing memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Salah satunya ialah kemampuan untuk melihat dengan baik dalam kondisi gelap. Kemampuan itu dimiliki kucing karena di bagian belakang mata kucing ada tapetum lucidum. Organ yang mirip cermin ini dapat memantulkan cahaya yang membantu kucing untuk melihat dalam gelap. Tapetum lucidum ini juga membuat mata kucing dapat menyala di dalam gelap. Kucing membutuhkan sekitar 20 persen cahaya yang dibutuhkan manusia untuk melihat.
                Kucing memiliki daun telinga yang lebar dan dapat berputar 180 derajat ke arah sumber bunyi, dengan keadaan fisik tersebut kucing memiliki pendengaran yang sangat peka, lebih dari pada manusia dan anjing. Pendengaran anjing memang lima kali lebih tajam dari manusia, tetapi pendengaran kucing dua kali lebih tajam dari anjing.
                Sebagian besar manusia menggemari binatang itu, terutama Rasullulah SAW. Beliau sangat menyayangi kucing sebagaimana beliau menyayangi keluarganya. Bahkan kucing dibahas dalam beberapa hadist, salah satu hadist tersebut berbunyi "Telah menceritakan kepadaku 'Abdullah bin Muhammad bin Asma' Adh Dhuba'i: Telah menceritakan kepada kami Juwariyah bin Asma' dari Nafi' dari 'Abdullah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia mengurung seekor kucing sehingga kucing itu mati. Karena itu Allah Subhanahu Wa Ta'ala memasukkannya ke neraka. Kucing itu dikurungnya tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia dapat menangkap serangga-serangga bumi." Dan telah menceritakan kepadaku Nashr bin 'Ali Al Jahdhami: Telah menceritakan kepada kami Abdul A'la dari 'Ubaidillah bin 'Umar dari Nafi' dari Ibnu 'Umar dan dari Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan Hadits yang semakna. Dan telah menceritakannya kepada kami Harun bin 'Abdullah dan 'Abdullah bin Ja'far dari Ma'n bin 'Isa dari Malik dari Nafi' dari Ibnu 'Umar dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan Hadits tersebut." (HR. Muslim No. 4160, Bukhari No. 3071 dan Ahmad No. 6472)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar