Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Kamis, 26 September 2013

REVANDA HASAN SETIYAWAN X IPA 3 (28)

Burung Onta

Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup. Burung ini tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal, yaitu ratit (Palaeognaths). Nama ilmiahnya Struthio camelus.
      Burung onta mempunyai ketinggian hingga 2,5 meter (8 kaki) dengan berat 136 kg. Burung unta berkelamin jantan memiliki tubuh yang lebih besar daripada betina. Perbedaan lainnya antara pejantan dan betina adalah pada bulunya. Yang jantan dewasa, warna bulunya gelap tapi sayap dan ekornya berwarna putih. Sedangkan betina, warna bulunya cokelat keabuan.
Burung onta mempunyai cara khusus untuk mempertahankan diri dari predatornya yaitu dengan cara berlari dengan kakinya yang kuat, kaki burung unta yang kuat itu, juga berfungsi sebagai senjata untuk membela diri. Kalau ditendang olehnya, kita bisa mengalami patah tulang. Maklum, badannya yang besar juga mampu menghasilkan tenaga yang besar. Di setiap kakinya pun terdapat cakar yang tajam dan panjang
Burung unta juga memiliki mata yang besar dan penglihatan yang baik. Matanya dilindungi membran, untuk menangkal debu dan pasir. Burung unta tinggal di daerah rerumputan dan gurun berpasir yang gersang. Mereka bisa kita temui di daerah Afrika bagian tengah dan selatan.
 Burung unta mempunyai leher yang panjang dan mampu berlari hingga 65 km/jam.
         Burung unta terkenal dengan sarang masyarakat, di mana beberapa ekor burung betina akan bertelur dalam satu sarang, untuk dierami oleh betina pada waktu siang dan jantan pada waktu malam. Telur burung unta adalah telur terbesar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar