Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Rabu, 25 September 2013

SOMA KURNIA A/XIPA3/30


Ayam

·        Ayam adalah unggas yang sering dipelihara sebagian banyak orang, ayam mempunyai nama latin (Gallus gallus domesticus).Habitat atau tempat tinggal ayam ada di perkampungan,tepi sungai dll.Karena mudah di pelihara banyak orang yang memanfaatkan telur dan dagingnya untuk di konsumsi.

·        Sebagai hewan peliharaan, ayam mampu mengikuti ke mana manusia membawanya. Hewan ini sangat adaptif dan dapat dikatakan bisa hidup di sembarang tempat, asalkan tersedia makanan baginya. Karena kebanyakan ayam peliharaan sudah kehilangan kemampuan terbang yang baik, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di tanah atau kadang-kadang di pohon.


·        Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat "ayam" saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah atau ayam bangkiwa . Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar.

·        Menurut penelitian menyatakan ada lebih banyak popolusi ayam di dunia ini daripada populasi burung. Ayam menunjukkan perbedaan morfologi di antara kedua tipe kelamin. Ayam jantan (jago) lebih atraktif, berukuran lebih besar, memiliki jalu panjang, berjengger lebih besar, dan bulu ekornya panjang menjuntai. Ayam betina (babon) relatif kecil, berukuran kecil, jalu pendek atau nyaris tidak kelihatan, berjengger kecil, dan bulu ekor pendek


·        Karena ayam termasuk unggas peliharaan populer dan murah, muncul berbagai istilah teknis akibat kegiatan penangkaran dan peternakan ayam.                                                                       Menurut fungsinya ,orang mengenal :                                                                    
  1. ayam pedaging atau ayam potong (broiler), untuk dimanfaatkan dagingnya;
  2. ayam petelur (layer), untuk dimanfaatkan telurnya;
  3. ayam hias atau ayam timangan (pet, klangenan), untuk dilepas di kebun/taman atau dipelihara dalam kurungan karena kecantikan penampilan atau suaranya (misalnya ayam katai dan ayam pelung; ayam bekisar dapat pula digolongkan ke sini meskipun bukan ayam peliharaan sejati);


Tidak ada komentar:

Posting Komentar