Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Jumat, 27 September 2013

ADINDA ADELIA WULANDARI /01

MINUMAN

Minum adalah salah satu kebutuhaan manusia. Minuman berperan penting dalam kehidupan. Tanpa minum manusia dapat mati karena dehidrasi. Tanpa minum manusia dapat mati karena dehidrasi. Menurut kemesannya minuman dapat digolongkan menjadi minuman botol kaca, kaleng, dan plastik. Menurut kandungannya minuman dapat dijeniskan dalam beberapa jenis, contohnya minuman bersoda (berkarbonasi0, tidak bersoda, beralkohol dan tidak beralkohol. Menurut bentuknya dapt dibagi menjadi 2, yaitu cair dan bubuk. Perbedaan bentuk ini sangat berkaitan erat dengan cara penyajiannya. Jika pada minuman cair, minuman dapat langsung diinum sedengkan minuman serbuk harus diseduh terlebih dahulu. Meskipun ada perbedaan yang mencolok pada cara penyajiannya tetapi tetap saja cara penikmaannya sama, yaitu dalam keadaan panas, hangat, dan dingain. Minuman mempunyai banyak khasiat bagi tubuh, diantaranya untuk menghilangkan rasa haus, merangsang nafsu makan, menghangatkan tubuh, menambah kalori dan energi, membantu pencernaaan, dan obat berbagai jenis penyakit. Berdasarkan fungsinya yang sangat kompleks cara produksi meminum pun bermacama-macam, contohnya cara modern (produksi pabrik) dan tradisional (buatan rumah tangga, seperti jamu).
Dewasa ini, pengemasan minuman semakin beragam. Ada minuman yang dikemas dalam botol kaca, kaleng, dan plastik. Pengemasan minuman pada botol kaca umumnya digunakan pada minuman beralkohol, bersoda, dan beberapa produk pabrik, seperti teh dan minuman elektrolit. Demikian halnya pada botol kaleng, isi kemasan pada botolong kaleng sama dengan botol kaca. Contoh minuman botol kaca dan kalaeng adalah bir, arak, fanta, coca-cola, sprite, teh botol sosoro, vitacimin, dll. Minuman juga dikemas pada botol plastik yang bertujuan agar lebih praktis. Contoh minuman botol plastik air mineral, mizone, pocari sweet, teh pucuk, susu kemasan, dll.
Andungan pada minuman sangat beragam tergantung pada jenis minuman itu sendiri. Perbedaan yang mencolok dapat kita amati padaminuman bersoda (berkarbonasi), tidakbersoda, beralkohol, dan tidak beralkohol. Minman bersododa adalah minuman yang tidak beralkohol dan mengandung karbo. Contohnya fanta, coca-cola, dan sprite. Minuman tidak bersoda berarti minuman tersebut tidak mengandung soda / karbon. Contohnya teh,jus dan kopi. Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung alkohol (metanol) baik dengan kadar yang banyak atau pun sedikit. Contohnya arak, bir, anggur, wine, dan wisky. Sedangkan minuman tidak mengandung alkohol sama sekali . contohnya dari minuman tidak beralkohol sana dengan minuman tidak bersoda.
Bentuk minuman sangat bervariasi namun secara garis besar ada 2, yaitucair dan bubuk. Minuman dalam bentuk cair adalah minuman yang langsung dapat diminum karena bentuknya cair. Contohnya air mineral, teh, sirup, dll. Sedangkan minuman bubuk adalah minuman yang berbentuk serbuk sehinga untuk meminumnnya kita harus menyeduhnya terlebih dahulu. Contohnya nutrisari, marimas, kopi, pop ice, dan masih banyak lagi.
Perbedaan pada bentuk tersebut menyebabkan perbedaan cara penyajian pada minuman. Ada yang dapat langsung diminum dan ada yang harus diseduh terlebih dahulu. Perbedaan cara penyajian ini berkaitan erat dengan cara penikmatannya. Minuman dalam bentuk cair dan berupa minuman kemasan umumnya dalam keadaan dingin. Sedangkan minuman serbuk kita nkmati dalam keadaan apapun sesuai selera kita.
Minuman mempunyai bayak sekali khasiat atau fungsi untuk tubuh. Pertama, minuman digunakan untuk menghilangkan rasa haus. Ini adalah fungsi umum arimiuman. Tanpa minum manusia dapat mati kehausan atau istilah ilmiahnya adalah dehidrasi. Kedua, minuman digunakan untuk merangsang nafsu makan. Nafsu makan seseorang dapat menurun karena banyak faktor, diantaranya kelelahan dan kurangnya gairah kita untuk makan. Minumana yang dapat meragsang nafsu makan contohnya “Curcuma Plus” dan yang mengandung kunyit dan jahe. Kandungan kurkumain (warna pada kunyit) efektif dalam mencegah luka lambung dan meningkatkan nafsu makan. Minyak asirinya sebagai antiiflamasi. Senyawa aktif pada jahe (camphene, bisabolene, cucumene, zingibrene, gerenial, 1.8 cineol) yang merupakan stimulun jantung, obat rematik, disentri, perangsang nafsu makan, dan banyak lagi. Ketiga, untuk menghangatkan tubuh. Pada musim dingin/hujan dan malam hari banyak masyarakat yang mengkonsumsi minuman hangat untuk menghangatkan suhu tubuh, cotohnya teh hangat, kopi panas, minuman jahe hangat, dll. Keempat, untuk menambah kaloi dan energi. Contohnya minuman hemaviton, kratingdeng, ektra joss yang merupakan minuman untuk meningkatkan energi secara instan. Disini jahe dan kunyit juga berperan penting dalam proses metabolisme dan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak menurut penelitian Dr. Ir Sedarnawati Yasni, M.Agr. kelima, membantu pencernaan. Minuman yangmembantu pencernaan adalah minuman yang slaha sau komposisinya adalah kunyit, jahe, kencur, kayu manis, dan serai. Pada kelima bahan tersebut terdapat senyawa-senyawa katif yang dapat melancarkan pencernaan. Keenam untuk obat berbagai macam penyakit. Kemajuan perusahaan farmasi di Indonesia mendorong terciptanya Kemajuan perusahaan farmasi di Indonesia mendorong terciptanya berbagai jenis obat dalam bentuk minuman. Obat tesebut dapat berupa obat dari senyawa-senyawa kimia untuk mengobati penyakit yang parah/serius dan komplek. Adapun obat herbal dengan salah satu bahannya seperti terlah tersebut diatas
Begitu banyaknya bentu, jenis, fungsi, dan sasaran pengguna ata penikmat suatu minuman mendorong manusia untuk lebih meningkatkan produksi. Dahulu manusia yan membuat minuman denga cara – cara tradisional dan terbatas mulai berkembang ke skala besar, yaitu pabrik . banyak sekali pabrik-pabrik yang memproduksi minuman dalam kemasan. Contohnya pabrik te botol sosro di Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto dan pabrik pocari sweet di Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Disini, produksi minuman menggunakan mesin yang canggih sehingga hasilnya pun banyak. Meskipun begitu banyak masyarakat Indonesia yang masih menggunakan cara tradisional untuk memproduksi minuman khususnya jamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar