Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Kamis, 26 September 2013

SHINTA MANGGALA NEGARA / X - IPA 3 / 29


NAMA                       : SHINTA MANGGALA NEGARA


KELAS                        : X – IPA 3


NO. ABSEN             : 29


           


http://huge.sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2013/07/liger.jpgSINGA


Singa (Panthera leo) merupakan hewan yang berasal dari keluarga felidae atau sejenis kucing. Banyak orang menjuluki hewan ini dengan julukan “RAJA HUTAN”. Singa termasuk mamalia atau hewan menyusui. Singa juga termasuk hewan jenis karnivora (pemakan daging). Habitat singa ada di wilayah terbuka seperti savanah atau padang rumput, namun ada juga sebagian yang hidup dipinggiran hutan atau hutan yang tidak begitu lebat.


            Secara fisik, singa jantan dan singa betina sangatlah berbeda. Hal ini dapat dilihat bahwa singa jantan memiliki surai yang melingkar di lehernya sedangkan singa betina tidak memilikinya. Berat singa jantan sekitar 150 - 250 kg dengan tinggi sekitar 260 – 330 cm, sedangkan berat singa betina sekitar 120 – 185 kg dengan tinggi sekitar 240 – 270 cm.


            Singa betina lebih aktif daripada singa jantan. Singa betina memiliki tugas untuk berburu dan mengasuh anaknya sedangkan singa jantan bertugas untuk mempertahankan daerahnya. Singa tidak dapat hidup sendiri, oleh karena itu singa selalu hidup berkelompok. Singa tidak menyukai tempat yang panas, oleh karena itu hewan ini menghabiskan waktunya untuk tidur pada siang hari dan beraktivitas pada malam hari.  Singa juga takut pada air, oleh karena itu setiap kali hujan turun, singa memilih tempat yang teduh agar terhindar dari air hujan.



            Singa memiliki gigi taring yang kuat dan tajam untuk mengoyak makanannya dan singa juga memiliki 4 kaki dengan cakar yang kuat untuk menerkam musuhnya.  Singa termasuk hewan yang kehidupannya sekarang terancam punah karena banyak orang yang memburunya untuk memanfaatkan sebagian tubuhnya terutama kulitnya, oleh karena itu pemerintah melindungi hewan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar