Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Rabu, 25 September 2013

TRI DINA FITRIA/X-IPA 3 (33)


Nama        : Tri Dina Fitria
Kelas        : X-IPA 3
No. absen : 33
 



Tanaman Sirsak


Tanaman atau annona muricata adalah jenis tanaman yang berasal dari daerah Amerika Tengah lebih spesifiknya di Karibia. Dari banyak hasil penelitian, buah dan daun sirsak banyak manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, dan  paling baik ditanaman di  daerah yang cukup berair.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Buah yang memiliki ciri-ciri kulit buah berduri berwarna hijau tua dagingnya berwarna putih serta mempunyai biji berwarna hitam yang terdapat dalam buahnya.

Buah sirsak mempunyai banyak serat dan  mengandung banyak karbohidrat terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, Vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami.  

Daun dan buah sirsak mempunyai banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, untuk menjaga kondisi tubuh, dan juga mengatasi  beberapa penyakit meliputi anyang-anyangan, penyakit kanker, dan mencegah anemia.  Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatalin, annohexocin, anonol, caclorine, dan gentisic. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaat bagi tubuh, sebagai obat penyakit bagi tubuh.

Manfaat dan khasiat untuk pengobatan:

1.anyang-anyangan
  Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air 2 gelas kemudian disaring dan diminum

2. untuk mencegah penyakit kanker
Annonaceous acetogenins merupakan fitokimia yang ada di daun, biji, dan batang sirsak. Zat ini berguna untuk mencegah kanker dan virus. Penelitian memaparkan dengan kandungan dalam buahnya. Dapat menurun kan sel-sel jahat ini untuk 12 jenis kanker, seperti payudara, paru-paru, prostat, usu besar, dan masih banyak lagi.

3. mencegah penyakit anemia
Kandungan zat besi dalam buah ini dapat meningkatnnya sel darah merah dalam tubuh.


Di Indonesia  merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang cukup banyak. Tapi ternyata pemanfaatnya hanya sebatas buahnya, ini karena kurangnya pengetahuan tentang manfaat daun sirsak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar