Blogger templates

ALBUM FOTO

ALBUM FOTO

Kamis, 26 September 2013

PUTERI ARDHYA PRAMESTI/X IPA 3/24




                                       BERBAGAI JENIS MINUMAN


          Definisi minuman menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah barang yang diminum. Fungsi minuman adalah untuk meredakan rasa haus, menambah tenaga, membantu pencernaan makanan, dan berkhasiat sebagai obat. Terdapat berbagai jenis minuman yang diproduksi, di antaranya minuman berkalori, minuman berkafein, minuman bersoda, minuman isotonik, minuman beralkohol, dll. Jenis-jenis tersebut dapat diketahui menurut kriteria-kriteria berikut ini:
1.     Apakah minuman itu disajikan dalam kemasan atau tidak (jenis kemasannya plastik/kertas, botol/bukan botol, dan sebagainya).
2.  Apakah minuman itu mengandung soda atau tidak, alkohol atau tidak.
3. Apakah minuman itu disajikan hangat atau dingin.
4   4. Apakah minuman itu berkhasiat sebagai obat atau tidak.
     5. Apakah minuman itu berbentuk cair, bubuk, atau kental (seperti krim).
Kebanyakan minuman disajikan dalam kemasan, baik itu kemasan plastik, kaca, kaleng, maupun kertas. Kemasan-kemasan tersebut juga memiliki bentuk yang berbeda, seperti bentuk botol, gelas, balok, bantal, bahkan plastik kiloan dan plastik biasa. Contoh:
Ø Kemasan plastik dan bentuknya:

1.     Kemasan plastik berbentuk botol: aqua botol, club, mizone, pocari sweat, dll.




2.     Kemasan plastik berbentuk gelas: aqua gelas, ale-ale, teh gelas, pop ice, dll.
    

     

3.     Kemasan plastik kiloan: es marimas, es lilin, dll.



Kemasan ini biasanya terdapat di toko rumahan. Cara membuat minuman tersebut adalah diseduh (dari wujud bubuk menjadi cair) dan proses menyeduhnya di toko tempat membeli minuman tersebut.

4.     Kemasan plastik biasa: nescafe, susu kental manis yes, segar dingin, dll.
     


Ø Kemasan kaca dan bentuknya:

         1. Kemasan kaca berbentuk botol: fanta, sprite, frestea, coca cola, dan minuman     beralkohol.



Ø Kemasan kaleng:

    1.   Nescafe, coca cola, susu bear brand, susu kental manis, dll.


Ø Kemasan kertas dan bentuknya:

    1. Kemasan kertas berbentuk balok: teh kotak, susu ultra, susu indomilk, susu mimi, susu kedelai, dll.


   2.     Kemasan kertas berbentuk bantal: susu real good.








           Minuman bersoda adalah minuman yang airnya dikarbonasikan dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Ciri-ciri umum minuman bersoda yaitu pada airnya terdapat gelembung-gelembung yang jika diminum terasa panas di mulut dan tenggorokan. Contoh umum: sprite, fanta, dan coca cola.

Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung alkohol (minuman keras). Minuman tersebut sebenarnya haram diminum karena mengandung alkohol dan dapat merusak kesehatan. Minuman beralkohol biasanya dijual di supermarket, seperti Indomart dan Alfamart. Contoh umum: bintang dan mix max.


          Minuman juga ada yang disajikan dalam temperatur yang berbeda, misalnya minuman hangat dan dingin. Minuman hangat biasanya dijual di warung. Jadi, si penjual yang menyeduh atau membuat minuman tersebut. Contoh: kopi, kopi susu, teh hangat, teh manis, wedang jahe, dll.


Sedangkan minuman dingin banyak dijual di berbagai tempat. Minuman tersebut bisa dingin karena dimasukkan ke kulkas. Tujuan penjual memasukkan minuman tersebut ke dalam kulkas adalah agar tetap terjaga kesegarannya. Minuman dingin biasanya dijual di supermarket, kantin sekolah, dan warung makan. Contoh: teh pucuk harum, mizone, teh botol sosro, dll.

Minuman selain berfungsi sebagai pelega haus dan penambah ion tubuh, juga dapat berkhasiat sebagai obat. Minuman yang berfungsi sebagai pelega haus biasanya tidak mengandung bahan-bahan toga (tanaman keluarga) dan jamu, melainkan mengandung perasa buah-buahan, teh, dll. Contoh: lipton tea, minute mind, ale-ale, dll.
                           

Minuman yang berfungsi sebagai penambah ion tubuh biasanya berasa agak masam karena mengandung komposisi atau bahan-bahan tertentu. Contoh: pocari sweat, mizone, hydro coco, dll.


Minuman yang berkhasiat sebagai obat biasanya mengandung bahan-bahan toga (tanaman keluarga), seperti kunyit, kencur, temulawak, dll. Contoh: kunyit asam sidomuncul (mengandung kunyit), kiranti (mengandung kunyit, untuk meredakan sakit perut saat haid), dan berbagai macam jamu tradisional.


Zaman sekarang hanya sebagian manusia yang masih memanfaatkan jamu tradisional sebagai pengobatan karena manusia zaman sekarang lebih memilih cara yang lebih praktis, seperti membeli jamu buatan pabrik. Contoh: kiranti.

            Wujud minuman yang diproduksi beraneka ragam. Ada yang cair, bubuk, dan kental (seperti krim). Kebanyakan wujud minuman adalah cair karena minuman cair adalah minuman yang sudah jadi, artinya orang bisa langsung meminum minuman tersebut tanpa harus diproses lagi. Contoh: frestea, mytea, buavita, dll.


Minuman yang berwujud bubuk cara membuatnya sama dengan minuman yang berwujud kental, yaitu hanya menyeduhnya dengan air panas atau dingin. Contoh minuman berwujud bubuk: energen, nescafe, top kopi, susu dancow, susu milo, dll.



Sedangkan contoh minuman berwujud kental (krim): susu kental indomilk, susu enak, sirup sarang tawon, sirup marjan, dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar